Diberdayakan oleh Blogger.

Young HRD Indonesia

Young HRD Indonesia
Dapatkan EBOOK GRATIS tentang Manajemen Sumber Daya Manusia, Dunia HRD, Leadership & Ilmu Pengembangan Diri

Bergabunglah dengan Ribuan Pembelajar & Ratusan Rekan HRD lainnya :

Halaman Facebook Komunitas HRD Indonesia
Grup Facebook Komunitas Young HRD Indonesia
Grup Telegram Komunitas Young HRD Indonesia

Rabu, 21 Mei 2014

Cara berpresentasi tanpa menggunakan slides


sumber: http://presentasiefektif.com/cara-berpresentasi-tanpa-menggunakan-slides/

Berpresentasi tanpa menggunakan slide presentasi memiliki beberapa kelemahan dan kelebihan, berikut beberapa di antaranya:
Kelemahan berpresentasi tanpa slide:
  • Ada beberapa hal yang memang lebih efektif disampaikan melalui bantuan visual (slide)
  • Tidak ada yang membantu presenter mengingatkan poin-poin presentasi
  • Anda butuh ekstra latihan untuk presentasi anda
Kelebihan berpresentasi tanpa slide:
  • Persiapan menjadi lebih simpel, anda tidak perlu lagi memasang laptop, file slide dan projector
  • Anda tidak akan lagi mengalami gangguan teknis seperti laptop meledak atau hang, video tidak terputar dst
  • Memaksa anda melakukan latihan ekstra yang akan lebih menunjang keberhasilan presentasi anda
Nah… sekarang akan saya sampaikan beberapa tips untuk menyampaikan presentasi tanpa menggunakan slide. Saya sendiri sesekali melakukannya, terakhir saya sengaja merancang sebuah seminar motivasi selama satu jam tanpa menggunakan slide sama sekali. Saya berhasil melakukannya dengan mulus dan hal ini mendatangkan kepuasan tersendiri. Berikut tips-tipsnya:

(1) Pastikan topik anda sesuai untuk dipresentasikan tanpa slide

Ada beberapa topik yang memang lebih efektif dan cepat dipahami dengan menggunakan slide (saya tidak bisa membayangkan jika saya diminta memberikan topik “Cara membuat slide presentasi yang efektif” tanpa menggunakan slide presentasi). Contohnya adalah sebuah presentasi bisnis yang sarat dengan grafik dan diagram akan jauh lebih mudah dipahami jika anda menggunakan slide presentasi.
Sedang beberapa topik seperti presentasi motivasi, kata sambutan atau sharing pengalaman masih sangat-sangat memungkinkan untuk disajikan tanpa slide presentasi. Justru untuk jenis-jenis presentasi di atas, saya sarankan untuk anda mencoba melakukannya tanpa slide presentasi.

(2) Struktur presentasi Anda haruslah sangat-sangat kuat

Salah satu keuntungan menggunakan slide presentasi adalah audiens bisa menangkap poin presentasi anda dengan jelas. Karena jika anda menggunakan prinsip mendesain slide yang tepat, poin-poin presentasi itulah yang akan tercantum di slide presentasi anda. Sehingga jikalaupun audiens terlewat menangkap poin presentasi yang terucap dari anda, mereka masih bisa melihat dan mencatat dari apa yang tertulis di slide anda.
Sehingga ketika anda berpresentasi tanpa slide, poin-poin yang anda sampaikan haruslah benar-benar jelas supaya audiens bisa menangkapnya. Salah satu cara melakukannya adalah dengan menggunakan repetisi / pengulangan poin-poin yang anda sampaikan. Untuk detil dan tips melakukannya anda bisa simak artikel saya “Rahasia membuat audiens lebih mudah mengikuti presentasi anda”.

(3) Gunakan banyak cerita

Cerita adalah salah satu alat untuk bisa menyampaikan poin presentasi anda dengan jelas, kuat sekaligus menghibur. Ketika anda mahir bercerita maka anda semakin ahli untuk mempertahankan perhatian audiens pada presentasi anda. Dan ketika sedang bercerita, anda memang tidak membutuhkan bantuan slide presentasi. Walaupun saya berpresentasi menggunakan slide, akan tetapi ketika tiba saat saya harus menyampaikan cerita, pastilah saya selalu mematikan slide presentasi saya.
Bagi yang ingin tahu cara mematikan slide presentasi secara cepat, silahkan simak artikel yang satu ini “Tombol Ajaib untuk Presentasi Anda”

(4) Berlatihlah lebih keras

Tips yang satu ini benar-benar tidak bisa dipungkiri lagi. Ketika anda menggunakan slide presentasi, anda masih bisa mendapat bantuan dari slide anda. Misalkan anda lupa poin berikutnya, anda tinggal tekan tombol next pada laptop atau clicker anda, maka slide yang berisi poin yang harus anda sampaikan berikutnya pun segera terpampang. Akan tetapi jika anda berpresentasi tanpa slide, anda tidak akan mendapat fasilitas dan kemudahan ini.
Oleh karena itu berlatihlah ekstra untuk bisa mengingat poin-poin presentasi yang harus anda sampaikan. Dengan anda melakukan hal ini maka sebetulnya kesuksesan presentasi anda juga akan lebih terjamin.
Dan sebagai asuransi, saya kira juga tidak ada salah nya anda mempersiapkan notes yang berisi poin-poin presentasi anda. Tidak ada salahnya menggunakan notes, jikalau anda benar-benar lupa anda bisa intip notes anda sebentar. Tidak akan ada audiens yang tiba-tiba marah dan menuduh anda berlaku tidak jujur karena mencontek :)

0 komentar:

Posting Komentar

Ebook Jawaban Wawancara Kerja

Kelas Online HR Management MasterClass

Jasa Desain Surat Lamaran Kerja

Jasa Desain Surat Lamaran Kerja
Info detail hubungi WA 085852316552

Mau Presentasi Sehebat Trainer ?

Mau Presentasi Sehebat Trainer ?
Info detail hubungi WA 085852316552

Boleh saya tahu siapa anda ?

Pilihlah Topik Manajemen Sumber Daya Manusia yang Paling Menarik untuk Anda