Diberdayakan oleh Blogger.
Dapatkan GRATIS EBOOK tentang Manajemen Sumber Daya Manusia, HRD, Human Capital, Leadership, Public Speaking & Ilmu Pengembangan Diri

Bergabunglah dengan Ribuan Sahabat HRD & Leader Pembelajar lainnya :

Grup Telegram Komunitas Young HRD Indonesia
Youtube Channel Komunitas Young HRD Indonesia
Halaman Facebook Komunitas HRD Indonesia



Mau Presentasi Sehebat Trainer ?

Mau Presentasi Sehebat Trainer ?
Info Detail KLIK Gambar

Selasa, 28 Oktober 2014

Penting Untuk Mengukur Efektifitas Pelatihan

Secara umum, pelatihan dapat diukur dalam 4 tingkatan


Hal pertama yang perlu dievaluasi adalah reaksi
Apa yang menjadi kesan, tanggapan, perasaan peserta terhadap program pelatihan yang diadakan. Hal ini tidak dapat diabaikan. Walaupun mungkin respons yang ada masih berkaitan dengan penyelenggaraan pelatihan secara physically. Tetapi hal ini harus dapat terakomodir dengan baik.
Beberapa pertanyaan yang dapat diajukan untuk mengevaluasi pelatihan:
  1. Bagaimanakah respons peserta atas program secara keseluruhan ?
  2. Apakah program yang diadakan bermanfaat terhadap pekerjaan peserta untuk masa sekarang atau masa datang ?
  3. Apakah yang menjadi kekuatan program, (keuntungan serta kekurangan dari segi program & pelaksanaan) ?
  4. Bagaimana penilaian peserta atas kualitas pelatih ?
  5. Bagaimana dengan pengaturan waktu ?
Pertanyaan-pertanyaan ini dapat disajikan dalam bentuk kuesioner atau wawancara. Kemudian dibuatkan tabulasi data dan dianalisa baik kuantitatif maupun kualitatif. Berikan juga ruang untuk peserta dapat menuliskan apa saja sebagai reaksi atas program tersebut. Selain itu perkenankan peserta untuk merahasiakan namanya sehingga respons yang dituliskan dapat apa adanya.
Mengevaluasi Pembelajaran
Tujuan tahapan ini adalah untuk mengetahui apakah si pelatihan ini menambah pengetahui peserta. Sebenarnya evaluasi ini jarang dilakukan, sebab akan seperti test tertulis bagi peserta. Namun dapat juga berupa obseravasi dan wawancara. Hal ini akan sangat baik untuk diterapkan sebagai suatu pembelajaran sejauh mana peserta menguasai konsep, informasi, pengetahuan dan keahlian yang sedang dicoba untuk ditanamkan selama proses pelatihan.
Mengevaluasi Tingkat Perilaku
Dalam melakukan evaluasi ini maka dilakukan pemeriksaan apakah terjadi perubahan perilaku dalam pekerjaan menjadi lebih baik. Hal ini tidak mudah karena ada banyak hal di luar pelatihan yang dapat mempengaruhi hasil evaluasi perilaku, seperti faktor internal peserta (ras, budaya, kultur, ekonomi, keluarga, motivasi), lingkungan kerja (hubungan atasan bawahan, hubungan interpersonal, insentif kerja, gaya kepemimpinan) serta sistim penilaian kinerja di organisasi serta sistim-sistim lainnya dalam manajemen sumber daya manusia yang ada di organisasi perusahaan tsb.
Apabila evaluasi ini mau dilaksanakan, maka dapat dilangsungkan beberapa waktu setelah pelatihan, baik melalui kuesioner, wawancara, performance Management (appraisal), assessment Center, job Observation, job Enrichment, atau pun job Enlargement.
Melakukan Evaluasi Tingkat Hasil
Tidak mudah melakukan evaluasi pada tingkat hasil ini sebab harus dihubungkan dengan pelatihan dan pengembangan. Kemudian perlu dilihat adanya peningkatan efektifitas organisasi. Semakin kompleks jika menyangkut aspek yang kelihatan (tangible) dan yang tidak kelihatan (intangible). Ada banyak parameter dan investasi waktu serta manpower yang dibutuhkan.
Beberapa contoh data yang perlu dikumpulkan untuk tingkatan ini seperti penghematan biaya organisasi, keuntungan aktual organisasi dan prediksi positifnya, lonjakan penjualan serta kenaikan produksi, penurunanturn over pekerja, dan sebagainya.
Sangat penting untuk menerapkan beberapa penilaian di atas sebagai dasar untuk menentukan langkah selanjutnya di dalam pengembangan karyawan.
Ruth Berliana/Managing Partner Human Capital Development/VMN/BL

0 komentar:

Posting Komentar

Leadership & People Development

Practical Coaching Konseling

Practical Coaching Konseling
Gabung KLIK Gambar atau Hubungi WhatsApp 085852316552

Corporate Trainer & Public Speaker

Certified HUMAN DEVELOPMENT