High Performing Organizations (HPO) SCORES
Konsep Blanchard dalam Kepemimpinan dan Bagaimana Menciptakan Perusahaan Berkinerja Tinggi
Hasil Riset selama 40 tahun dari Ken Blanchard Companies mendefinisikan dan mengidentifikasi nilai nilai sebuah perusahaan berkinerja tinggi. Perusahaan berkinerja tinggi adalah perusahaan-perusahaan yang sepanjang waktu terus menghasilkan hasil-hasil yang luar biasa dengan tingkat kepuasan dan komitmen untuk sukses yang tertinggi.
Hasil dari riset mereka menciptakan model "SCORES" Perusahaan Berkinerja Tinggi. SCORES adalah singkatan dari 6 buah elemen yang menjadi syarat di setiap perusahaan berkinerja tinggi. Berikut ini adalah penjelasan yang lebih detail tentang keseluruhan elemen tersebut.
S = Shared Information and Open Communication
Informasi yang Terdistribusi dan Komunikasi yang Terbuka
Perusahaan berkinerja tinggi menerapkan definisi yang luas tentang informasi yang relevan dan penting. Informasi dibutuhkan untuk membuat keputusan-keputusan yang diinformasikan siap tersedia untuk karyawan.
Elemen :
- Setiap orang memiliki akses mudah ke informasi yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka secara efektif.
- Rencana dan keputusan dikomunikasikan sehingga dipahami dengan jelas.
C = Compelling Vision
Visi yang Meyakinkan
Visi Perusahaan, termasuk tujuan dan nilai-nilai, dimengerti dengan jelas dan secara antusias didukung oleh semua - yang menghasilkan kultur yang terencana dan sangat terfokus yang membawa hasil-hasil bisnis yang diinginkan.
Elemen :
- Keselaraskan Kepemimpinan pada visi dan nilai bersama.
- Setiap orang memiliki hasrat pada tujuan dan nilai bersama.
O = Ongoing Learning
Pembelajaran Berkelanjutan
Perusahaan berkinerja tinggi terus menerus fokus untuk mengembangkan kemampuan melalui sistem pembelajaran, menambah modal pengetahuan dan membagikan semua pengetahuan yang di dapat ke setiap bagian di dalam perusahaan.
Elemen :
- Setiap orang didukung secara aktif dalam pengembangan keterampilan dan kompetensi baru.
- Organisasi secara terus-menerus memasukkan hasil proses pembelajaran baru ke dalam standar operasional dalam menjalankan bisnis.
R = Relentless Focus on Results
Fokus Tanpa Henti kepada Kepuasan Pelanggan
Perusahaan berkinerja tinggi menciptakan hasil-hasil yang luar biasa sebagian karena mereka sangat obsesif kepada hasil. Tetapi uniknya, mereka menggunakan sudut pandang pelanggan untuk memfokuskan diri pada hasil-hasil tersebut.
Elemen :
- Setiap orang mempertahankan standar kualitas dan layanan tertinggi.
- Semua proses kerja dirancang untuk memudahkan pelanggan berbisnis dengan organisasi.
E = Energizing Systems and Structures
Sistem dan Struktur yang Memberi Semangat
Sistem, Struktur, Proses dan Kebijakan di dalam perusahaan berkinerja tinggi bersinergi untuk mendukung visi perusahaan, arah kebijakan strategis dan target - yang memudahkan orang-orang untuk menyelesaikan tugasnya.
Elemen :
- Sistem, struktur, dan praktik formal serta informal terintegrasi dan selaras.
- Sistem, struktur, dan praktik formal serta informal memudahkan orang untuk mendapatkan pekerjaan mereka.
Salah Satu Strategi yang harus diterapkan di perusahaan Anda adalah Implementasi Sistem Manajemen Kinerja yang Baik (Strategic Performance Management).
S = Shared Power and High Involvement
Kekuasaan Didistribusikan dan Keterlibatan Tinggi
Kekuasaan dan pengambilan keputusan dibagi dan didistribusikan ke seluruh bagian perusahaan dan tidak dibatasi oleh hierarki perusahaan. Partisipasi, kolaborasi, dan kerja tim adalah prinsip.
Elemen :
- Setiap orang memiliki kesempatan untuk mempengaruhi keputusan yang berdampak pada mereka.
- Tim digunakan sebagai sarana untuk menyelesaikan pekerjaan dan mempengaruhi keputusan.
Bagi yang Berminat Kuesioner HPO SCORES
Bisa hubungi Tim Young HRD Indonesia
0 komentar:
Posting Komentar